28 Apr

Memanfaatkan Teknologi Dengan Merancang Sistem Pendaftaran Online Pasien Oleh Iqbal Pramudito

Dalam perkembangan teknologi saat ini yang semakin pesat serta berkembang banyak sekali hal hal yang dapat dirasakan termasuk dalam bidang Kesehatan. Dengan memanfaatkan teknologi yang diterapkan oleh dunia kesehatan dapat mempermudah semua orang yang terlibat dalam dunia Kesehatan, seperti pasien, perawat,dokter, dll. Akan tetapi tidak semua rumah sakit sudah menerpkan teknologi tersebut.

Oleh karena itu Iqbal Pramudito Mahasiswa Universita Muhaamadiyah Lamongan membuat sebuah rancangan ide yang menurutnya rancangan ini bisa memudahkan rumah sakit dan pasien.

Dalam bidang Kesehatan contohmya rumah sakit yang memproses data-data pasien serta pendaftaran yang cukup banyak pasti butuh system informasi yang membantu dalam proses tersebut, Rekam medis juga yang menginput data lengkap pasien. Rumah sakit yang bertujuan untuk memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat, merencanakan untuk mengimplementasikan sistem pendaftaran online pasien. Dengan demikian, pasien akan dapat melakukan pendaftaran secara mudah dan cepat melalui website resmi rumah sakit.

Penelitian ini bertujuan untuk merancang dan membangun sistem pendaftaran online pasien berbasis website untuk Rumah Sakit dengan menggunakan metode pengembangan perangkat lunak Waterfall.

Perancangan sistem ini dilakukan untuk meningkatkan efisiensi dan aksesibilitas dalam layanan kesehatan dengan memungkinkan pasien untuk melakukan pendaftaran secara praktis melalui platform online. Penelitian ini mengidentifikasi beberapa permasalahan yang mungkin dihadapi dalam perancangan dan implementasi sistem pendaftaran online pasien, termasuk desain antarmuka pengguna yang responsif, keamanan data pasien, dan integrasi dengan sistem informasi rumah sakit yang sudah ada. Melalui pendekatan Waterfall, penelitian ini merancang sistem dengan memperhatikan kebutuhan rumah sakit dan pasien.