01 May

Optimalkan Pemilihan Pendaftaran Karyawan Baru: Solusi Berbasis Web dengan Metode Machine Learning

Teknologi dan komunikasi saat ini berkembang sangat pesat dan telah membantu manusia mengambil Keputusan. Hal tersebut hampir menyentuh banyak bidang dan mempermudah kita dalam kehidupan sehari-hari. Oleh karena itu, komputerisasi system  merupakan salah satu sarana yang tepat untuk pembantu pengambilan Keputusan pada proses penerimaan karyawan baru. Melakukan proses penerimaan karyawan baru merupakan hal yang sangat penting bagi suatu Perusahaan, hal ini dilakukan mengingat karyawan dipandang sebagai salah satu asset penting bagi Perusahaan dan perlu dikelolah serta dikembangkan untuk mendukung suatu kelangsungan hidup kemampuan untuk bersaing, mendapatkan laba, serta mencapai pada tujuan Perusahaan.

Pada dasarnya, dalam suatu tujuan seleksi penerimaan karyawan adalah untuk mendapatkan sumber daya manusia yang tepat untuk suatu jabatan tertentu, sehingga orang tersebut dapat bekerja sama dengan optimal dan nantinya bekerja dan bertahan di Perusahaan untuk jangka waktu yang lama. Dengan demikian dibutuhkan suatu perencanaan model otomatis dari sekumpulan data, dengan tujuan memberikan komputer kemampuan untuk belajar yaitu machie learning. Maka dari itu di perlukan sebuah metode untuk menentukan perancangan pengambilan Keputusan penerimaan karyawan baru yaitu “Decision Tree Algoritma C4.5”.

Tujuan penelitian ini adalah membangun suatu system dengan mudah yang dapat mengelolah data dan dapat diakses dengan muda. Manfaat yang di dapatkan tentunya untuk hasil yang diperoleh menjadi lebih efesien, akurat dan dapat mempersingkat waktu berdasarkan latar belakang yang telah di jabarkan di atas, maka di pilih untuk membangun suatu system cerdas dengan judul “rekomendasi pemilihan pendaftaran karyawan baru berbasih web menggunakan metode Machine Learning dengan Decision Tree AlgoritmaC4.5”

menurut Muhammad Rifqi Syafik rekomendasi pemilihan pendaftaran karyawan baru berbasis web menggunakan metode Machine Learning memiliki manfaat yang signifikan yaitu :

  1. Memberikan suatu system dengan mudah yang dapat mengelolah data dan dapat diakses dengan mudah oleh semua pengguna.
  2. Meningkatkan kualitan dan kinerja pegawai sehingga menguntungkan bagi Perusahaan.
  3. Mempermudah pihak Perusahaan untuk menyeleksi karyawan yang berkualitan.

Klasifikasi pemilihan calon karyawan menggunakan algoritma c4.5 yaitu dapat memberikan hasil Keputusan sesuai dengan data yang sudah diinput dengan ketepatan dan keakuratan yang maksimal. System ini menghasilkan Keputusan seleksi secara objektif sesuai dengan data-data yang mengikuti tes seleksi mengurangi berkas dengan bentuk hardcopy atau menggunakan kertas karena bisa menyimpan di dalam database yang bisa sewaktu waktu di butuhkan bisa di buak Kembali. System ini dapat membantu dalam menentukan klasifikasi calon karyawan sesuai dengan kriteria yang telah ditentukan.