02 May

Sistem Pendukung Keputusan (SPK) Solusi Efektif untuk Penentuan Prestasi Akademik untuk Meningkatkan Prestasi Siswa

Sistem Pendukung Keputusan adalah  sistem  komputer yang menghasilkan berbagai alternatif keputusan untuk  membantu manajemen dalam menyelesaikan berbagai masalah terstruktur maupun tidak  terstruktur dengan menggunakan data dan model. Salah satu metode  sistem pendukung keputusan  adalah simple additive Weighting (SAW). SAW adalah metode penjumlahan tertimbang.  Konsep  dasar dari  SAW adalah  menentukan bobot kinerja keseluruhan  setiap alternatif untuk semua kriteria. SAW memerlukan normalisasi matriks keputusan (X) sesuai dengan skala perbandingan dari seluruh pengklasifikasi alternatif yang ada.

Dengan sistem pengambilan keputusan  yang baik maka hal ini juga akan menghasilkan  pengambilan keputusan yang baik. Dari rekomendasi di atas diharapkan dengan menggunakan sistem pendukung keputusan, permasalahan yang dihadapi sekolah dapat diatasi sehingga mengurangi subjektivitas penting dalam  pengambilan keputusan.

SMK Wachid Hasjim Maduran adalah Suatu lembaga yang bergerak di bidang pendidikan kejuruan, tentunya smk wachid hasjim harus memiliki Sumber Daya Manusia (SDM) yang unggul di bidangnya, Setiap tahunnya pihak SMK Wachid Hasjim Maduran selalu memilih siswa  berprestasi untuk diberikan apresiasi terhadap hasil belajar yang diperoleh siswa.  

Pemilihan siswa terbaik bertujuan untuk memotivasi dan mengevaluasi siswa agar proses pembelajaran dapat lebih ditingkatkan. Namun, proses penentuan siswa berprestasi yang dilakukan oleh pihak SMK Wachid Hasjim Maduran dilakukan dengan cara manual dan cenderung bersifat subyektif karena hanya dilihat dari nilai akademik yang diperoleh siswa. Proses penentuan siswa berprestasi jika dilakukan secara manual memiliki beberapa kekurangan, sehingga akan timbul beberapa persoalan yaitu sebagai berikut :

  1. Memakan waktu yang cukup lama dan membutuhkan tenaga untu proses pengolahan data secara manual
  2. memerlukan ketelitian dan pemikiran ekstra dalam memproses data nilai-nilai siswa.

Dengan adanya permasalahan tersebut dapat mempengaruhi kebijakan sekolah dalam proses penentuan siswa yang layak menjadi siswa berprestasi.

Hidayatin Sholikha Mahasiswa Teknik Komputer UMLA

Berdasarkan permasalahan diatas Hidayatin Sholikha Mahasiswa Teknik Komputer UMLA Merekomendasikan salah satu alternatif yang dapat dimanfaatkan untuk membantu pihak sekolah dalam menentukan siswa berprestasi di SMK Wachid Hasjim Maduran adalah dengan memanfaatkan ilmu pengetahuan dan teknologi yang terus berkembang dengan cepat dan pesat. Salah satu bidang tersebut adalah Sistem Pendukung Keputusan, yang semakin banyak digunakan dalam pengambilan keputusan.